Wednesday, 19 October 2016

Penistaan al Quran


Penistaan al Quran
Al-Qur'an Al-Karim: Bacaan yang Maha Sempurna dan Maha Mulia Al-QUr'an secara harfiah berarti "bacaan yang mencapai puncak kesempurnaan". Al-Qur'an Al-Karim berarti "bacaan yang Maha Sempurna dan Maha Mulia".

Kemahamuliaan dan Kemahasempurnaan "bacaan" ini agaknya tidak hanya dipahami oleh para pakar, tetapi juga oleh semua orang yang menggunakan 'sedikit' pikirannya. Tidak ada satu bacaan pun sejak peradaban tulis-baca dikenal 5000 tahun yang lalu, yang dibaca baik oleh orang yang mengerti artinya maupun tidak kecuali "bacaan yang Maha Sempurna dan Maha Mulia ini".

Bahkan, anehnya, juara membacanya adalah mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Al-Qur'an. Bukankah juara-juara MTQ tingkat Internasional seringkali diraih oleh putra-putri bangsa kita (Indonesia)? Tidak ada satu bacaan pun selain Al-Qur'an yang dipelajari dan diketahui sejarahnya bukan sekedar secara umum, tetapi ayat demi ayat, baik dari segi tahun, bulan masa dan musim turunnya. Tidak ada satu bacaan pun selain Al-Qur'an yang dipelajari redaksinya, bukan hanya dari segi penetapan kata demi ata dalam susunannya serta pemilihan kata tersebut, tetapi mencakup arti kandungannya yang tersurat dan tersirat sampai kepada kesan-kesan yang ditimbulkannya dan yang dikenal dalam bidang studi Al-Qur'an dengan tafsir isyari.

Tidak ada satu bacaan pun selain Al-Qur'an yang dipelajari, dibaca, dan dipelihara aneka macam bacaannya mana yang harus dipanjangkan dan dipendekkan, dipertebal ucapannya atau diperhalus, dimana tempat-tempat berhenti yang boleh, yang dianjurkan, atau dilarang, bahkan sampai pada lagu dan irama yang diperkenankan dan yang tidak. Bahkan lebih jauh lagi, sampai pada sikap dan etika membacanya pun punya aturan-aturan tersendiri.

 Tidak ada satu bacaan pun selain Al-Qur'an yang diatur dan dipelajari tata cara penulisannya, baik dari segi persesuaian dan perbedaannya dengan penulisan masa kini, sampai pada mencari rahasia perbedaan penulisan kata-kata yang sama seperti penulisan kata "bsmi" yang pada wahyu pertama ditulis dengan menggunakan huruf alif setelah ba'.

 Sedangkan pada ucapan bismilah ditulis tanpa alif dan kemudian ditemukan pertimbangan-pertimbangan yang sangat mengagumkan dari perbedaan-perbedaan tersebut.

 Pernahkah Anda mengetahui satu bacaan yang sifatnya seperti ini? Kalau tidak, wajarlah bila Kalam Ilahi yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW ini dinamainua dengan Al-Qur'an, bacaan yang mencapai puncak kesempurnaan.
Sangatlah hina jika ada orang yang menganggap remeh apalagi melecehkannya. pasti dia akan mendapat laknat dari sang Pencipta alam ini.

Saturday, 20 August 2016

Universitas Islam International Indonesia, Ketinggalan ?

Universitas Islam International Indonesia, Ketinggalan ?


Foto: Ilustrasi Monas miring: Monas yang sedang dibayangi awan mendung ini seakan-akan berteriak "Aku Kalah Tinggi oleh Menara Kembar" di negara tetangga.

Menurut berita yang patut dipercaya  (media nasional tahun 2015) bersumber dari Kemenag Indonesia akan mendirikan Universitas Internasional. Berbagai pendapat muncul. Pihak pemerintah dengan bangga dan membanggakan UIII itu.
Hidayatullah.com. memberitakan :

 Kamis (29/10/2015) lalu, sejumlah pejabat berkumpul di Rumah Dinas Wakil Presiden, Jusuf Kalla, untuk melakukan pembahasan mengenai rencana pendirian Universitas Islam Internasional (UII).
"Ke depan, menurut Bpk Sekjen. Nur Syam, harus ada lembaga pendidikan yang dapat menjawab tantangan zaman dan itu justru dipertaruhkannya kepada Islam Indonesia. “
”Tidak ada lain, yang harus diperbuat dalam waktu secepatnya adalah mendirikan pendidikan tinggi yang ikonik dan memiliki jangkauan wawasan yang luas dan keislaman yang mendalam,” jelas Bpk. Nur Syam, seperti diberitakan laman tersebut...
(Kemenag."http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2015/11/02/82513/indonesia-akan-dirikan-universitas-islam-internasional.html.)

Mari kita dukung rencana tersebut, .......untuk mengejar  Malaysia yang sejak 1983 sudah memiliki IIUM dan sekarang IIUM fakultasnya lengkap dari Ilmu Sosial, teknologi sampai kedokteran, program Bachelor sampai Doktor:

Kalau UIII hanya akan membuka  Islamic Study, dan hanya program Graduate (Pascasarjana) saja, itu tidak cukup untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan ummat ? Ref: Kenapa Di Univ Al-Azhar ada Fakultas Umum. Klik Di SINI)

Justru program S1/Bachelor itu menjadi pondasi keilmuan seseorang,apalagi jika ybs/lulusan itu akan mengajar di tingkat S1, jadi guru SLA/SLP apalagi menjadi praktisi/pioneer mandiri atau menjadi Da'i -mengajar di masyarakat. Ilmu yang diberikan di program S1 itu justru yang menjadi dasar  komprehensif . Program Pascasarjana itu hanya pengkayaan dan untuk mereka yang sudah punya "menara gading", dan seyogianya sangat selektif, Muslim Indonesia jangan salah pilih kebijakan pendidikannya. (Reference: Koreksi Untuk Pendidikan Indonesia  KLIK Di SINI)

Pengalaman sering menunjukkan dosen yang mengajar mhs di program S1, dan dosen itu bukan lulusan (S1-prodi ybs) /prodi yang sama dan dosen tersebut tidak outodidak mempelajari matkul lainnya di prodi tersebut, dosen tsb kurang smart men-konek-kan/merangkaikan  materi matakuliahnya dengan materi kuliah lainnya di prodi tersebut, karena ybs tdk mengalami mendapatkan materi dasar secara komprensif di program studi S1-nya.

Problema di Masyarakat banyak yang komplek sehingga memerlukan pemecah masalah dari lulusan yang memiliki keterampilan komprehensif.  Saya mengusulkan UIII membuka program mulai dari S1, bahkan ada program-program diploma dan Short-course /pelatihan untuk "Menjawab Kebutuhan Ummat/ Masyarakat yang Instant dan Praktis", seperti di Universitas Wageningen-(Universitas Reset Pertanian di Netherlands) ada program Postdoc, Doktor, magister, bachelor, sampai kursus keterampilan.

Kursusnya berlangsung di negara-negara yang berafiliasi. Dengan kursus-kursus itu keterampilan masyarakat/Ummat dapat ditingkatkan dalam waktu yang singkat.

Keterampilan (Vocational) yang dibutuhkan masyarakat bukan konsep-teoritis (Academics). Demikian yang ditempuh Jepang dalam masa restorasi Meizi di tahun 1945 setelah 2 kotanya dibom atom. Hasilnya......sekarang bangsa Jepang berjaya. (Ref. Koreksi Untuk Pendidikan Indonesia)

UIII sasaran nya adalah memajukan UMMAT, yang menjadi masalah / dirasakan oleh ummat Islam adalah ketinggalan Sains-Teknologi=Kesejahteraan fisik. UIII harus mencetak lulusan yang kosmopolitan, lincah-terampil, dan sanggup SURVIVE di tempat yang marginal tanpa bantuan eksternal.

Coba lihat orang lain (Missi dan Zending), mereka terjunkan dai' nya di tengah hutan. Dia buka hutan lalu membuat enclave (pemukiman), dia buka ladang-kebun, sehingga kebutuhan pangan tidak bergantung pada pasokan dari luar ( Dia SURVIVE), dia buka sistem remote communication.

Penduduk setempat merasakan terbantu-senang dengan keberadaan "Enclave"...............Mulailah Dakwah Pantaslah, di Papua-Sulawesi Tengah-Kalimantan Tengah- apalagi Afrika Tengah dan Amerika, Mereka berjaya, karena Dai'-nya mampu survive di kondisi Marginal/Kritis.

Tampaknya Malaysia berorientasi ke-arah itu sehingga IIUM membuka berbagai  fakultas.
Malaysia dengan IIUM-nya menjawab tantangan/kebutuhan ummat dengan mengadakan fakultas berikut:

The faculties (kulliyyah) of IIUM :
 di Gombak
 Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws
 Kulliyyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences
 Kulliyyah of Economics and Management Sciences
 Kulliyyah of Engineering (KOE)
 Kulliyyah of Architecture and Environmental Design
 Kulliyyah of Information and Communication Technology
 Kulliyyah of Languages and Management[11]
 Kulliyyah of Education Kuantan[12]
Kulliyyah of Medicine Kulliyyah of Allied Health Sciences
 Kulliyyah of Pharmacy
 Kulliyyah of Nursing
 Kulliyyah of Science
 Kulliyyah of Dentistry Centre[edit]
 Gombak Centre for Languages and Pre-University Academic Development (CELPAD)
Centre for Postgraduate Studies (CPS) Research Management
 Centre (RMC) Counseling & Career Services
Centre Centre for University Social Responsibility (CENSERVE) Entrepreneurship Development Centre Sports and Recreational Centre
Centre For Islamization (CENTRIS)
Centre For International Islamic Culture (CiTRA-IIUM)

 Di Kuantan
Natural Medicinal Product Centre (NMPC)

 Di Petaling Jaya and Gambak : (silahkan kunjungi situsnya)

Negara Kecil Maldiva sudah sejak 2004 punya IUM (Islamic University of Maldiva) sama dengan fakultas -fakultas seperti di UIN kita sekarang. Bangladesh-Pakistan-Iran-Cyprus-Turki, bahkan negara Afrika seperti Uganda sudah punya Universitas Islam atau Universitas Islam International.

Nada yang miring pun muncul ....".Hati hati UIII hanya akan menghasilkan lulusan yang Islam Liberal paling banter Islam Moderat. "

Jangan mengabaikan nada miring itu, tetapi waspadai dengan membenahi orientasi pendidikannya.

Apakah kita akan kalah oleh Malaysia dalam "Fastabiqul Khairaat"....? tentu jangan Kita harus leading.

         Oleh karena itu, saya menyarankan lengkapi UIII minimal sama dengan fakultas-fakultas yang ada di IIUM. Saya lihat IIUM tidak menyelenggarakan Life Science Essential dalam arti Ilmu  Kelautan (Perikanan), Pertanian-Peternakan-Perikanan Darat dan Ilmu Kehutanan dan Konservasi alam. Padahal ilmu tradisional ini berperan penting dalam pemenuhan KEBUTUHAN PRIMER manusia. Kerawanan dan kestabilan serta keamanan negara/dunia bergantung pada penyediaan bahan primeir ini. Maka UIII harus ada prodi dan fakultas dasar ini.

Potensi alam Indonesia akan menjadi effective dengan SDM yang terampil di bidang ini dengan memperhatikan kelestarian alam sehingga Ilmu Kehutanan mutlak ada (kajiannya meliputi konservasi, reklamasi, afforestasi, reforestasi tanah gurun, dll.)

Tidak ada kata Terlambat.........................Kejar mereka dengan kemampuan dan kekayaan yang melimpah dan penduduk muslim terbanyak di dunia ini.

Beberapa tahun yang lalu Penulis sengaja berkunjung dan berdiskusi dengan pimpinan salah satu fakultas di IIUM di KL dan Kuantan. Alhamdulillah penulis pernah juga mendiskusikan tentang Islamic International University dengan rekan rekan dari negara anggota ICESCO  di kesempatan berworkshop  di Islamabad.

Ketika di Kuantan, Tamu di Kampus Kuantan (Saya +Istri+3Teman) , kedatangan saya cs terditeksi sebagai tamu oleh seorang mahasiswa, seorang mahasiswa semester 2 jurusan Sains menyelonong menyalami saya cs dan memperkenalkan  diri "saya orang Cicadas". Saya tanya kenapa gak masuk UIN, UNPAD atau ITB ? Jawabnya  "saya Bangga dengan sebutan International Islamic University" dan saya ingin menjadi warga dunia yang terampil. Jika kuliah di UNPAD, ITB atau UIN mungkin hanya tahu Bandung atau Indonesia, tapi di IIUM akan terbiasa suasana internasional. Teman dan dosen berkebangsaan International.  Masya Allah, benar juga ......

Kita yakin pemuda pemudi Malaysia yang tinggal di Kampong India di KL itu, atau pemuda Pesawar-Pakistan atau pemuda-pemudi muslim di Sarajevo-Bosnia dan di Semenanjung Balkan dan pemuda Russia serta pemuda muslim keturunan Indonesia yang ada di Afrika Selatan dan di Suriname dan kepulauan di Pasifik akan berbondong bondong datang ke UIII Jakarta jika uiii membuka program S1 juga. Insya Allah.....

Sungguh membanggakan jika kita memiliki UIII yang setarap dengan International University yang ada di dunia Muslim yang melebihi keunggulan UIN yang sudah ada.  Baca tujuan perubahan IAIN menjadi UIN...Klik di  SINI

Semoga sukses dan UIII diberkahi Allah SWT, Aamiin.
We believe that Islam is not a religious faith but it is also a political, social and economic  system for community (Subandi, 2012)
To make community welfare need fertilizers for its agriculture  practises ( Subandi, 2012a)

References :

Subandi, M. 2012. Developing Islamic Economic Production. Sci. Tech. and Dev., 31 (4):348-358, 2012
Subandi, M. 2012a. The Effect of Fertilizer on The Growth and Yield of Ramie (Boehmeria nivea (L) Gaud. Asian Journal of Agriculture and Rural Development. Vol.2. Issue 2. June 2012. AESS. Pakistan.
Sarajevo Conference

................................0000000000......................

Sunday, 14 August 2016

KENAPA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR ADA FAKULTAS UMUM ???

KENAPA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR ADA FAKULTAS UMUM ???

(Gambar 1. Foto Gedung Fakultas MIPA-Univ. Al-Azhar. Cairo.2012)
Di Universitas Al-Azhar Mesir ada fakultas umum seperti: fakultas MIPA (Kulliyatul 'Ulum), fakultas Economi (Kulliyyatul Iqtishodiyyah), Fakultas Pertanian (Kulliyyatul Ziraat) dan lain-lain.
Fakultas kedokteran klik disini.
Siang itu dilangsungkan pertemuan/Seminar Reorientasi Keilmuan dan Kelembagaan PTKI. Dalam wacana Orientasi keilmuan di UIN ada kelompok yang condong ke "Barat", dan merasa bangga dengan berteman dengan mereka, Padahal mereka ada yang jelas-jelas terlihat sebagai "golongan walan tardha" dan ada juga yang lebih tahu diri (bersembunyi) dengan berdiplomasi. Golongan ini kurang mengenal tokoh tokoh muslim yang Sholeh dan Integritas keIslamannya teruji yang ada di negara "Timur", tokoh-tokoh pendidikan muslim yang telah menggagas konferensi-konferensi dan pertemuan untuk me-Reorientasi Pendidikan Islam sehingga terbentuk ISESCO dengan FUMI-nya. Di FUMI dan ISESCO ini banyak tokoh muslim yang terpercaya untuk dijadikan anutan.
Pembaca yang budiman, banyak permasalahan yang menyebabkan ummat Islam terkebelakang dalam kehidupan dunia.  Berikut saya kopas permasalahan penyebab ummat Islam terkebelakang yang dibahas di UIN Malang sebagai berikut "

Tidak dapat dipungkiri umat Islam lebih banyak mencontek bangsa lain (non Muslim) yang lebih maju terutama dalam hal IPTEK dan peradabannya. Mereka yang sering disebut sebagai Negara maju itu menjadi guru yang digugu dan ditiru oleh bangsa-bangsa yang mayoritas Muslim termasuk Indonesia. Bangsa ini yang mayoritas Muslim berguru kepada mereka non Muslim dalam banyak hal. Masyarakat Muslim di dunia harus mengejar ketertinggalan tersebut dengan iman Islam, sementara bangsa yang dianggap maju di dunia ini tidak memiliki iman Islam. Lantas, mengapa umat Islam yang memiliki pedoman hidup di dalam al Quran dan Hadist sampai saat ini belum mampu menandingi kemajuan yang dimiliki negara-negara maju? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

 (Gambar 2. Foto Gerbang Masuk Ke Fakultas Pertanian Univ. Al-Azhar, 2012)
Menurut pengamatan saya keterbelakangan umat islam dalam banyak aspek kehidupan disebabkan keengganan mereka menelaah kitab sucinya sendiri al Quran dan Hadist Nabi sebagai sandaran dalam menumbuh-kembangkan pemahaman tentang ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), kehidupan sosial dan interaksi manusia dan alam. Ribuan ayat-ayat qawliyah menceritakan aspek-aspek IPTEK dan ipoleksosbud (ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya) sedangkan aspek-aspek ritual keagamaan hanya ratusan ayat banyaknya, namun umat Islam ternyata lebih berkutat pada aspek-aspek yang disebut terakhir ini.

                                                   

Alhasil, ayat-ayat dalam al Quran yang mengkisahkan dan menjelentrehkan  IPTEK dan   Ipoleksosbud belumlah menjadi prioritas umat Islam.
Pakem, prinsip, atau pun rambu-rambu yang mesti dipahami Muslim dalam melaksanakan antara ibadah madhoh dan ibadah muamalah tampaknya belum berjalan merata dan sempurna. Dalam menjalankan ibadah madhoh Muslim patut mengikuti kaidah fiqih yang mengemukakan bahwa setiap ibadah pada dasarnya tidak boleh sebelum ada perintah untuk mengerjakannya. Sedangkan dalam menjalankan ibadah muamalah berkaidah sebaliknya yakni pada dasarnya segala ibadah muamalah itu diperbolehkan sampai ada larangan yang tidak membolehkannya. Dalam bahasa sederhana saya sering mengibaratkan bahwa untuk beribadah madhoh kita tidak boleh kreatif dan mesti mengikuti aturan yang ditetapkan, sementara dalam ibadah muamalh kita sepatutnya melakukan kerja-kerja kreatif agar memeroleh hasil lebih baik dan terus menerus berkembang hingga yaumul akhir. Tampaknya, fenomena yang terlihat terutama di negeri ini justeru sebaliknya dimana secara kreatif kerap dijumpai tata cara ibadah yang tidak mengikuti petunjuk al Quran dan Hadist Nabi Muhammad SAW. Sementara itu disisi lain kita sangat malas berkreasi dan berinovasi untuk persoalan muamalah termasuk dalam konteks ini terkait dengan pengembangan IPTEK dan pencerahan Ipoleksosbud yang ditanam-suburkan melalui inspirasi dan sandaran ayat-ayat al Quran dan Hadist sebagaimana telah diialami-rasakan pada zaman kejayaan Islam masa lalu.  
Sumber :http://old.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=4069:penyebab-umat-islam-tertinggal&catid=35:artikel&Itemid=210

Itulah pendapat rekan kita di UIN Malang. Kita yakin dengan kebenaran langkah Mesir 60 tahun yang lalu Univ Al-Azhar di mesir sudah membuka fakultas Umum termasuk Kedokteran.  Kenapa di Indonesia masih ada yang mempertanyakan keberadaan fakultas umum di UIN, sungguh mengherankan !!!!

==============================00000000000000000000000=====================================



=====================0000000000000000===========

Wednesday, 3 August 2016

Rancangan Replika Pohon Syurga Di Dunia

Rancangan Replika Pohon Syurga 

Sayyidina Ali bin Abu Thalib menuturkan bahwa dirinya mendengar Rasulullah saw. bersabda :

“Ketika penghuni surga menempati surga, seorang malaikat datang menemui mereka dan berkata, ‘Allah memerintahkan kalian untuk berkunjung kepada-Nya’.

Mereka pun berkumpul. Kemudian Allah swt. memerintahkan Nabdi Dawud as. mengeraskan suara dengan membaca tasbih dan tahlil. Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, dan tidak ada daya dan upaya kecuali dengan seizin Allah Yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Kemudian mereka disuguhi jamuan keabadian.” Sayyidina Ali melanjutkan bahwa orang-orang yang mendengarkan hadits ini bertanya kepada Rasulullah saw, “Apakah hidangan keabadian itu, wahai Rasulullah?”

Rasulullah menjawab, “Salah satu ujung hidangan itu lebih luas dibandingkan panjang antara Timur dan Barat, lalu mereka makan, minum dan berpakaian. Kemudian mereka berkata, “Semuanya kami nikmati, kecuali melihat Tuhan”.

Maka Allah swt. menempakkan diri-Nya sehingga mereka bersungkur sujud di hadapan-Nya. Allah swt. berfirman, “Kalian (sekarang) bukan di negeri tempat beramal, melainkan di tempat menuai balasan.” Syaikh Muhammad bin Ali bin Husain (cicit Sayyidina Ali) berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pohon.

Penunggang kuda yang paling cepat sekalipun membutuhkan waktu seratus tahun untuk melintas di bawah naungannya. Dedaunannya laksana sutra hijau, bunganya laksana sutra kuning, rantingnya laksana serat sutra, buahnya laksana burdah Yaman, getahnya laksana jahe dan madu, sungainya berisikan permata merah dan zamrud hijau, tanahnya berupa kesturi dan ‘anbar (sejenis wewangian) serta kapur kuning, rerumputannya laksana zakfaran yang sudah matang, dan dari akarnya memancar tiga mata air; salsabil, ma’in dan rahiq.

Akar pohon tersebut menjadi salah satu tempat berkumpulnya penghuni surga. Di sana, mereka saling berkasih sayang dan bercengkerama.” (maksudnya, karena sangat besar dan luasnya akar pohon itu, sehingga seluruh penghuni surga leluasa berkumpul di pohon itu.

 Mereka menjadikan akar pohon itu sebagai tempat berkumpul atau bertemu serta saling bertemu serta saling berbincang-bincang dan bersenda gurau) Rancangan Replika Pohon Syurga Di Dunia





Monday, 1 August 2016

Belajar Meningkatkan Etos Kerja

Belajar Meningkatkan etos Kerja

 Pada Saat ini Indonesia dibanjiri produk industri hi-tech sampai produk tradisional/pertanian. Akademisi Hi-tech kita hanyalah menjadi corong "Marketing Agent/sales" produk negara lain.

 Mereka menggelar seminar-seminar, mempertunjukkan kegunaan dan manfaat Hi-tech. Tidak disadari mereka itu hanyalah sedang  menjadi "Sales" promosi produk Hi-tech orang/Negara lain, karena seminarnya hanya membicarakan pentingnya Hi-Tech dan cara mengoperasikannya. Sangat sering terdengar "pentingnya penguasaan IT dalam bekerja; Tidak boleh gagap IT". 

Akan tetapi, jarang sekali terdengar "Mari belajar membuat/memproduksi alat IT". Teman penulis pun, dosen dan mahasiswanya baru bisa mendemokan dan mempraktekkan/melatih pemuda di beberapa desa untuk "Merakit alat elektronik".  Belum dapat membuat chip-chip, komponen semi conductor.


Pada tahun 1997 Malaysia sudah memiliki Cyberjaya, kawasan industry yang dirancang akan menjadi seperti silicon valley di Amerika.  Lembah-Silicon[1] tempat pusat  trafik teknologi informatika.  Jangankan oleh negara maju di Eropa dan Amerika, oleh adik kita pun (Malaysia) kita agak tertinggal.  

 Tidak heran jika pidato Obama di Universitas Cairo menyebutkan :
“Countries like Japan and South Korea grew their economies enormously while maintaining distinct cultures.  The same is true for the astonishing progress within Muslim-majority countries from Kuala Lumpur to Dubai.  In ancient times and in our times, Muslim communities have been at the forefront of innovation and education….”

Kita iri dan marah kepada Obama yang menentukan batas Timur muslim adalah Malaysia (Kuala Lumpur), padahal kita “muslim” punya kota Meroke di sebelah Timur Indonesia (di pulau Irian) dan Morocco di sebelah Barat (di Afrika Barat). 

Kenapa Indonesia tidak disebut-sebut oleh Obama dalam pidatonya ? Kita harus introspeksi kenapa Barat lebih mengenal Malaysia daripada Indonesia. Demikian juga kenapa IIUM (International Islamic University) berada di Malaysia, dan kenapa OKI (Organisasi Konferensi Islam) mendirikan Komisi sains dan technologi-nya di Islamabad (Pakistan).

Kebikajan pemerintah Jepang dalam restorasi adalah mendahulukan membangun etos kerja bukan “akademik”

Etos kerja yang ditanamkan oleh Jepang dalam kebangkitan Restorasi kepada bangsanya/rakyatnya sulit ditiru oleh kita. Seyogianya etos kerja ini ditanamkan sejak di saat pendidikan. Akan tetapi kebanyakan jajaran pendidik kita yang justru memberikan contoh yang tidak menunjang.


            Pada lembaga pendidikan non Kemendikbud (dahulu) ada yang mewajibkan apel pagi seluruh pegawai harus ikut apel sebelum pk. 7 (pk. 6.45).  Hanya 10-15 menit apel dipimpin oleh unsur pimpinan. Sebelum pulang pk 13.45 apel pulang (6 hari kerja). 

Di lembaga pendidikan tersebut Pegawai yang pagi pagi tertinggal apel tidak bisa masuk barisan. Jangankan tidak masuk kerja, Pegawai yang tertinggal apel saja sudah merasa salah dan  merasa malu oleh rekan dan apalagi oleh atasan.

            Pagi pagi setelah apel dosen yang tidak terjadwal ke kelas melakukan pekerjaan tambahan (sebagai wadek, Kepala laboratorium/perpustakaan/studio/greenhouse/kebun praktek, dll.) Dosen yang tidak mendapat tugas tambahan melakukan apa saja di meja kerjanya (hadir pagi meskipun tidak ada jadwal ke kelas). 

Itu etos kerja dosen di perguruan tinggi non- kemendiknas/non-Kemenang, cara kerja itu dilihat oleh mahasiswa dan mahasiswa pun mudah mendapatkan pelayanan karena dosen ada hadir sejak pagi. Karakter mahasiswa dan lulusan terlatih di kampus dengan melihat karakter civitas akademika di kampus.

              Pada pertengahan tahun 1980an itu sudah mulai ada bantuan tenaga dosen (DPK) dari lingkup Kemendikbud. Mulailah banyak dosen Kemendiknas. Ternyata cara hadir kerjanya berbeda, mereka tidak hadir apel pagi demikian juga apel siang, mereka hanya datang pada saat ada jadwal masuk tugas kuliah. 

Mereka berkilah, tugas kami mengajar., dan untuk mengajar yang baik "katanya" kami harus baca buku, membuat persiapan mengajar dll. yang dapat/harus dikerjakan di luar kampus/Kantor.  Meskipun di Sk nya DPK penuh di PT itu.  

Mereka menambahkan di PT negeri tempat kamu kuliah dulu pun demikian cara kerjanya. Mulailah dosen2 dari PT itu, yang tidak mendapat tugas tambahan , terpengaruh meniru dosen DPK tersebut.

Melihat kondisi ini, siapa yang salah, salah sistem yang sedang di pakai, "Bagaimana akan menghasilkan produk lulusan yang memiliki etos kerja yang bersemangat sejak pagi, jika jajaran pendidiknya begini, yaitu datang hanya pada saat ada jadwal ke kelas. sedang jika tidak ada jadwal berkilah melakukan "persiapan tri dharma" di luar kampus, Apa benar... wallahu 'alam.


Bersemangat/bekerja di waktu pagi itu mendapat pujian dari berbagai kultur. Orang Inggris bilang 'Good beginning is a half done = awal yang baik adalah setengan kesuksesan".  Ulama (nilai Islami) menyebutkan " shobahul naum.....fakru" Tidur pagi hari hari itu mendatangkan kefakiran.


Itu kondisi sebelum di jajaran pendidikan berubah seperti sekarang ini. Sejak dicanangkannya sertifikasi dengan sistem LKD-BKD nya, dan apalagi dengan wajib finger printnya terjawab sudah kritik saya.

Tentu bukan karena saya mengutarakan hal itu di penataran/latihan para guru yang diselenggarakan  suatu Fakultas di PT ini. Akan tetapi mungkin masukan dari Universitas Indonesia atau dari Dr. Keba Moto yang berada di UI yang bicara di Kemdikbud, sehingga cara kerja di Jajaran Pendidikan berubah.

Apel pagi yang diselenggrakan dulu, sekarang di Jajaran
Pendidikan ada "Finger print" , tujuan nya sama yaitu menghadirkan pegawai sejak pagi, bukan semata melegalkan ...Uang Makan".
Membina dan meningkatkan etos kerja.

[1]The planned town, which officially opened in 1997, is now trying to remodel itself as a testbed for smart city innovation (Nicole Kobie, 2016)


===============------------=================

Sunday, 31 July 2016

Pelajaran dari Pembentukan Tubuh-Daging-Protein-Asam Amino

Pelajaran dari Pembentukan Tubuh-Daging-Protein-Asam Amino


Metabolisme protein akan tersusun atas jumlah asam amino yang membentuk rangkaian sederhana dengan diikat oleh unsur kimiawi lainnya seperti peptida. Protein-protein tersebut akan membentuk semacam gugus amina dan gugus karboksil yang terjaring dalam darah.

 Jumlah peptida dalam protein sendiri sangat beragam ada yang mencapai 10 hingga 100 asam amino. Selain itu protein juga memiliki jenis sebagai hasil dari senyawa kimia yang berada pada tubuh kita misalnya ada unsur glikoprotein yang banyak mengandung karbohidrat, ada pula lipoprotein yang banyak mengandung lipid. 

Jika asam amino dalam metabolisme protein sudah lengkap terangkai maka akan memiliki fungsi tersendiri. Seperti membangun sel-sel yang rusak akibat kondisi tubuh yang tidak stabil, membentuk zat-zat pengatur yaitu enzim dan hormon serta membentuk zat inti untuk energi yang setara dengan 4,1 kalori.
Pengertian Metabolisme Protein
            Metabolisme adalah segala proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme terbagi menjadi dua yaitu Anabolisme dan Katabolisme. Anabolisme adalah proses sintesis molekul kimia kecil menjadi besar yang membutuhkan energi (ATP), katabolisme adalah proses penguraian molekul besar menjadi molekul kecil yang melepaskan energi (ATP).
Metabolisme protein adalah metabolisme yang berasal dari asam amino yang sumbernya dari asam itu sendiri. Dalam total keseluruhan asam amino yang dihasilkan ada sekitar 85% yang berfungsi sebagai sintesis pada protein. Asam amino yang bertujuan sebagai metabolisme tersebut dapat kita jumpai pada protein yang kita makan setiap harinya. Protein tersebut berproses sebagai hasil dari degradasi protein di dalam tubuh. 

Proses semacam ini biasanya akan bersifat kontinyu atau berlanjut secara berkala. Asam amino pada protein itu sendiri terbagi atas dua unsur yaitu asam amino essensial dan asam amino non essensial. Dalam hal ini sumber protein yang berupa asam amino tersebut akan mengalami transport protein seperti protein akan berproses di usus halus yang nantinya akan masuk pada aliran darah kita. 

Ketika asam amino telah bercampur dalam darah maka asam tadi akan tersebar luas hingga keseluruh sel namun asam amino itu tentunya tidak akan terbuang sia-sia melainkan akan disimpan dalam sel-sel darah yang dibantu dengan enzim.
Proses metabolisme protein dimulai dari proses pencernaan di mulut sampai di usus halus, dilanjutkan dengan proses metabolisme asam amino. Yaitu sebagian besar zat makanan yang mengandung protein dipecahkan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil terlebih dahulu sebelum diabsorpsi dari saluran pencernaan. 

Protein diabsorpsi di usus halus dalam bentuk asam amino → masuk darah. Dalam darah asam amino disebar keseluruh sel untuk disimpan. Didalam sel asam amino disimpan dalam bentuk protein (dengan menggunakan enzim). Hati merupakan jaringan utama untuk menyimpan dan mengolah protein  Perubahan kimia dalam proses pencernaan dilakukan dengan bantuan enzim-enzim saluran pencernaan yang mengkatalisis hidrolisis protein menjadi asam amino. 
Protein dalam makanan dicerna dalam lambung dan usus, dan dikatabolisme menjadi asam amino yang diabsorbsi dan dibawa oleh darah. Asam amino dalam darah dibawa ke hati menjadi asam amino dalam hati (ekstra sel), kemudian asam amino tersebut ada yang disimpan dalam hati (intra sel) dan sebagian dibawa oleh darah ke jaringan-jaringan tubuh. 

Asam amino yang dibawa ke hati dikatakan ekstra sel karena sebagian asam amino dalam hati ini kemudian akan dibawa sebagian keluar dari sel atau menuju ke seluruh jaringan tubuh yang membutuhkan. Setelah masuk ke jaringan-jaringan tubuh asam amino ini akan masuk ke sel-sel tubuh (asam amino dalam sel). 

Dan sebagiannya lagi tetap didalam hati (intra sel) sebagai cadangan protein dalam tubuh, bila tubuh kekurangan protein maka asam amino ini diubah menjadi protein dan sebaliknya jika tubuh membutuhkan asam amino dari dalam tubuh maka protein dirombak kembali menjadi asam amino. 

Dan asam amino ini juga berfungsi membentuk senyawa N lain yang berfungsi untuk pembentukan sel-sel tubuh, senyawa nitrogen ini merupakan bagian utama dari semua protein, enzim, dan proses metabolik yang disertakan pada sintesa dan perpindahan energi. 
Keseimbangan nitrogen tubuh dikatakan positif bila n masuk tubuh > n yg keluar dari tubuh berarti sintesis protein > katabolismenya, terjadi misalnya pada masa penyembuhan, masa pertumbuhan, dan masa hamil. Keseimbangan nitrogen yang negatif berarti katabolisme protein > sintesisnya, terjadi misalnya pada waktu kelaparan dan sakit. 

Keseimbangan nitrogen yang setimbang terdapat pada orang dewasa normal dan sehat. Bila ada kelebihan asam amino dari jumlah yang digunakan maka asam amino diubah menjadi asam keto. Proses perubahan tersebut terjadi dalam siklus asam sitrat. Atau diubah mejadi urea. Berikut proses perubahan asam amino menjadi asam keto dalam siklus sitrat. 

Asam amino yang dibuat dalam hati atau dihasilkan dari proses katabolisme protein dalam hati, dibawa oleh darah kedalam jaringan untuk digunakan. Proses anabolisme dan katabolisme terjadi dalam hati dan jaringan. Asam amino yang terdapat dalam darah berasal dari tiga sumber yaitu:...........................


0000000000000000099999999990000000000000000000

Karet Benda Ajaib Penyaman Kehidupan



Demikian nyamannya ketika kita menaiki kendaraan beroda baik berupa sepeda angin, sepeda motor yang beroda 2 atau  kendaraan beroda tiga (Bemo, Helicak, Hexa di Dhaka) atau beroda 4 berupa mobil terasa nyaman.

 Kira kira apa yang menyebabkan laju berjalannya kendaraan kendaraan tersebut dapat demikian halus menyamankan ! ?

Tidak lain karena bagian yang menopang ruangan yang kita tumpangi berada di atas jalan adalah roda yang berbentuk bulat dan bagian terluarnya terbuat dari karet. 

Dapat diperkirakan bagaimana tidak nyaman seandainya bagian terbawah atau terluar dari roda tersebut bukan dari karet.” . .”bulat 360o  . bentuk roda kendaraan yang bulat tersbut belum tentu memberikan rasa nyaman.

Kereta kuda yang banyak dipakai mengangkut barang di tahun 1960an sebelum membanjirnya mobil buatan jepang, rodanya terbalut dengan benda bukan karet, tetapi roda kendaraan berkuda tersebut diperkuat dengan balutan besi.  Bagaimana rasanya menaiki kendaraan ber- kuda tersebut. 

Orang tua kita yang menjamani era kendaraan kuda penarik barang tersebut akan bercerita “sungguh tersiksa rasanya menaiki kendaraan berkuda itu. Adalah benda yang  memiliki sifat elastis dan fleksibel yaitu karet yang memberi rasa nyaman.

Karet mengambil peran sebagai bagian yang membuat nyaman dan aman penggunaan berbagai alat. Bagian penutup botol atau container akan nyaman dan rapat jika dilengkapi dengan seal atau ganjal terbuat dari karet. 

Benda yang berada di dalam botol atau wadah tidak dapat keluar atau tumpah atau merembes bocor karena semua permukaan dapat ditutup dengan rapat berkat adanya lapisan karet. 

Demukian juga  jok kursi, sepatu, kaos tangan atau kaos kaki, pegangan tas dan lain-lain akan berfungsi baik dan lebih optimal dan nyaman terasanya ketika dilengkapi dengan bagian yang elastis dan fleksibel dan memantul yang terbuat dari karet. 

Itulah benda yang namanya Karet.

Adalah orang Indian amerika latin yang pertama menemukan benda misterius tersebut di hutan lembah amazon.

Ketika De La Condamin orang Perancis yang datang ke Amerika bagian Selatan dalam rangka penjelajahan dunianya. Meneliti tumbuhan penghasil benda misterius tersebut. Setelah dia mengetahui kejadian yang ditemukan oleh orang Indian. 

De La Condamain meneliti tumbuhan karet dan membawa bijinya. Dapat diperkirakan bagaimana tidak nyaman seandainya bagian terbawah atau terluar dari roda tersebut bukan dari karet.”
Bibit karet itu sebagian di bawa ke Eropa dan kemudian ke Indonesia. 


Artikel ajaib-Keajaiban-keajaiban pada penciptaan isi dunia yang ditunjukkan oleh fenomena alam adalah hal tidak terjangkau oleh kekuatan rasio manusia pada saatnya.

Mungkin masih banyak yang hal ajaib penyaman kehidupan yang  belum terpikirkan.  Innovasi diperlukan untuk itu.

========

Saturday, 25 June 2016

Wahyu Memandu Ilmu dalam IPTEK DIMENSI ISLAM

Wahyu Memandu Ilmu dalam IPTEK DIMENSI ISLAM


Ilmu Islami secara aksiologi banyak dilaksanakan oleh orang, bahkan kita melihat orang non-muslim pelaksanaan kehidupannya banyak yang baik menurut Islam.

Akan tetapi, dalam praktek lainnya dirasakan adanya perbedaan antara pendekatan Ilmu Islami/Ilmu Islam dengan ilmu dari orang sekuler.


Kajian Islamisasi ilmu di dunia sudah berlangsung beberapa decade terakhir, tokoh muslim diantaranya Al-faruqi dan Al-Attas menjadi rujukan dalam hal ini. Kajian wahyu memandu Ilmu di UIN Bandung sudah menghasilkan beberapa tulisan yang dibukukan dan lebih banyak lagi tulisan lainnya.

Cara pragmatis dalam memadukan wahyu dengan ilmu mudah dilakukan oleh ilmuwan muslim yang sedikit mengerti Islam sekalipun, tetapi cara ideal masih jarang ditemukan dalam upaya islamisasi ilmu ini. Padahal cara ideal ini akan menghasilkan Ilmu Islam yang original.

Sering terdengar non-muslim (Barat) mencemooh bahwa ilmu yang Islami (hasil secara pragmatis sebagai pseudosains dan tidak akurat). Iluwan Muslim harus menggali dan mengungkap Islam secara ideal tetapi secara pragmatispun banyak manfaatnya bagi penguatan tauhid. Key words : ideal, ilmu Islami, pragmatis, tauhid.

  Foto di atas memberikan contoh bagaimana aksiologi Islam dalam kehidupan dan gaya hidup. "Ikuti sunnah Rasul bukan mengikuti trendy masyarakat "

Pemikiran Adanya Konsep Islamisasi Terkesan ada perbedaan antara ilmu dan agama (Islam). Salah satu alasan adanya gagasan tentang Islamisasi ilmu pengetahuan adalah karena tidak adanya pengetahuan yang bersifat netral, ilmu tidak berdiri/berkembang atas dasar bebas nilai. Ilmu Sosial sudah tidak lagi bebas nilai akan tetapi sarat/penuh nilai.

Pengetahuan dan ilmu yang ada didunia ini, termasuk dalam dunia Islam, telah diwarnai corak budaya dan peradaban Barat. Ilmu pengetahuan bersumber dan telah sarat dengan filsafat/pemikiran dari otak-otak orang Barat.

 Mahmud Soliman (1985) memaparkan:”We have heard of traditional enmity between religion and science. In my opinion this enmity is baseless as the two do not contradict each other. They are one unit and are like a two branched river.they have the same source and flow into the same sea. Their functions and aims are the same.”


 Fungsi dan tujuan yang telah diselewengkan itulah yang menjadi landasan adanya pemikiran dan upaya islamisasi Ilmu pengetahuan yang telah digagas oleh cedikiawan muslim dalam beberapa decade terakhir.

Lukman (2011) menyebutkan, membahas tentang Islamisasi ilmu pengetahuan, maka tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan dua tokoh intelektual muslim dunia, yaitu Syed Naquib Al-Attas dan Ismail Raji Al-Faruqi.

Keduanya disebut-sebut sebagai penggagas konsepsi ini. Al-Attas mendirikan International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) di Malaysia dan Al-Faruqi mendirikan International Institute of Islamic Thought (IIIT) di Amerika Serikat.

Di UIN Bandung Islamisasi ilmu digagas oleh pimpinan UIN terdahulu maupun pimpinan sekarang dengan paradigma Wahyu Memandu Ilmu. Paradigma wahyu memandu ilmu ini dibahas dalam Konsorsium keilmuan UIN Bandung yang dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris Konsorsium {(Alm. Dr. Darun Setiadi (Allahummaghfirlahu warhamhu)}.

 Konsorsium keilmuan UIN Bandung ini telah menghasilkan cukup banyak tulisan dan gagasan . Dari sekian tahun diskusi dan pembahasan paradigm wahyu memandu ilmu di UIN Bandung dipahami oleh penulis (Subjektif ?) bahwa pelaksanaan Islamisasi ilmu adalah sebagai berikut :

A. Dilakukan Secara Pragmatis. Dalam memandu atau memadukan “ilmu umum” dengan wahyu dilakukan secara pragmatis norma/teori atau dalil sains diverifikasi oleh wahyu (ayat). Dengan cara ini terasa adanya “Ilmu Islami” dengan berbagai tingkat keterkaitan seperti :

 1. Ada keterkaitan atau relevan ilmu diverifikasi dengan ayat tertentu yang pas dilihat dari tafsir mufassirin maupun tarjamah kalimat. Missal: a. teori keberadaan alam dan mahluk hidup.

Pembaca yang budiman sekian dulu seri wahyu memandu ilmu. Insya Allah disambung lagi...



===============------================

Pendidikan karakter kerja keras

Pendidikan Karakter Kerja Keras.


Anak bangsa perlu memiliki karakter untuk mendukung kemajuan bangsa. Bangsa yang sejahtera dan akhirnya menjadi bagian utama dari kejayaan negara dimulai dengan tungginya karya dan gagasan bagi bangsa yang berkelanjutan. istilah berkelanjutan adalah pesan dan rencana yang tercipta untuk kejayaan generasi berikut.

Karya dengan istilah lain produktivitas dan kualitas atau nilai hasil guna serta bernilai monumental akan diperoleh dari kerja serius. keseriusan berkarya memang harus didukung oleh semua komponen bangsa. Komponen pemimpin, pelaksana pemerintahan, dan seluruh rakyat.

Rakyat mendapat arahan yang dapat dimengerti dan dilaksanakan, rakyat juga mendapat penghargaan dan perlindungan dari negara. Rakyat juga mendapat keamanan dan kesejahteraan.

Pemimpin dengan pemerintahannya memimpin dengan arif dan adil. Pemimpin juga memberikan pendidikan yang menjadi anutan atau contoh. Pendidikan kerja keras akan menjadi budaya bangsa. Budaya dimulai atau terbentuk dari karakter.

Kondisi karakter bekerja keras akan menghasilkan kesejahteraan pada akhirnya.  Karakter kerja keras ini bagi bangsa kita rasanya masih harus diupayakan.
Demikian dahulu uraian ini kita  lanjutkan di lain kesempatan.


00000000=======000000

Tuesday, 10 May 2016

Peranan Keluarga Dalam Pendidikan.

Peranan Keluarga Dalam Pendidikan. 


Rekan guru yang saya banggakan.....Tidak diragukan lagi peran keluarga dalam pendidikan anak anak kita adalah sangat penting. lebih banyak waktu yang dilalui oleh keluarga kita di dalam keluarga,sedangkan waktu yang mereka berada sekolah lebih sedikit. Oleh karena itu pasti pengaruh keluarga akan cukup berarti dalam perkembangan pribadinya.  Keluarga adalah mitra penting dalam mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan dan  keterampilan  anggota keluarga yang positif.

Pendidikan keluarga yang baik pendidikan dan pengaruh kepada anggota keluarganya yang masih muda adalah berdasarkan doa  yang selalu diucapkan selalu berintikan sebagai doa dalam sholat saat duduk di antara dua sujud seperti tertulis pada gambar disamping ini.

Yang paling jelek dari keluarga yang liberal adalah sebagai ini. Kunjungan ke rumah, orang tua kunjungan ke penitipan anak atau pengaturan sekolah, percakapan telepon, newsletter, catatan resmi, papan buletin, lokakarya, dan komunikasi tatap muka biasa dapat digunakan untuk menjaga peranan keluarga.

Informasi tentang keterampilan sosial tertentu yang difokuskan pada di pengaturan anak usia dini dan bagi penyedia layanan untuk belajar tentang apa yang keluarga lakukan di rumah.

 Jika strategi bimbingan yang menjadi benar-benar efektif, keterlibatan orang tua dan dukungan sangat penting. penyedia perawatan dini perlu melibatkan orang tua secepat anak mereka terdaftar dalam program ini dan meminta bantuan dalam memahami latar belakang anak dan tujuan keluarga bagi anak.

Kepekaan dan perhatian  terhadap keluarga dan perbedaan yang ada dalam hal kebiasaan  sangat penting dan dapat meningkat oleh kemampuan mendengarkan dan mendorong berkomunikasi dan menjadi contoh bagi yang yunior atau anak anak..

Kesadaran bahwa ada  karakter yang berbedaan dalam keluarga sangat penting untuk setiap anak dan orang tua merasa rasa memiliki dalam program anak usia dini, hal perlu diperhatikan untukmenentukan sikap dan cara pendekatan supaya nilai nila pendidikan dapat dimasukkan..

Keberagaman tabiat yang merupakan hakekat manusia yang tidak sama, akan tetapi Saling menghormati, kerjasama, tanggung jawab bersama, dan negosiasi perbedaan pendapat antara orang tua dan perawatan dan pendidikan profesional yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama yang terkait dengan bimbingan dalam pendidikan anak-anak muda.
 Demikian pendekatan pendidikan kepada seluruh anggota keluarga yang memiliki variasi dan nuansa keberagaman. Akan tetapi orang tua sebagai pemegang arah akan memeberikan tujuan pendidikan dengan arah yang baik. 


====================0000===================

Saturday, 7 May 2016

Hutan Pendidikan Di Negeri Piramida Mesir

Hutan Pendidikan Di Negeri Piramida 

Rekan Guru ...Ini tulisan teman dekat saya yang ,menceritakan tentang kehutanan di Negeri Seribu Nabi alias Mesir.....Inilah ceritanya "
Ketika penulis melakukan survai di Mesir dan meninjau Universitas Cairo, Ketua Laboratorium Geologi menyatakan bahwa "Dahulu Mesir Lebih Hijau Dari Indonesia".

 Oleh karena itu Mesir masih mungkin menjadi hijau kembali. Pendidikan kehutanan di Mesir sangat langka, tidak ada fakultas kehutanan, hanya ada jurusan kehutanan di Universitas Alexsandria. Jadi Mesir perlu mengadakan Hutan Pendidikan.
Mesir sebagian besar terdiri dari gurun pasir, dan hanya sedikit tanah yang dapat ditanami tertama di daerah delta sungai nil. Terkenal juga mesir sebagai negeri piramida karena banyak peninggalan sebagai bangunan yang disebut piramida. akan tetapi mesir juga sediri sedang menanami gurun pasirnya dengan tanaman pohon berkayu sehingga nantinya akan menjadi  hutan...Foto di bawah adalah upaya pemerintah menanam pohon kayu jadi di wilayah Ismailia mesir dekat terusan Suez.








Inilah peta rencana penghutanan kembali gurun pasir di Mesir. Rencana yang cukup baik tetapi perlu penyempurnaan dan unsur pendukung untuk kesuksesan rencana tersebut. Bantuan dari luar negeri juga ada . seperti peta berikut adalah peta yang di buat oleh Ahli kehutanan dari Jerman.


Menurut  pengamatan penulis peta rencana penghutanan tersebut perlu diperbaiki. hemat penulis penghutanan harusmendapat dukungan dari seluruh rakyat dan sebaiknya disentralisasi untuk memberikan tanggung jawab dan kebersamaan tugas seluruh wilayah atau dari daerah, sebagaimana yang dilakukan oleh negara kita. Proyek di Wanagama atau Gunung Kidul.

Inilah jenis jenis pohon kayu yang sudah dicoba ditanam di Mesir pada skala terbatas. Cukup menjanjikan jika terwujud di masa yang akan datang. Perlu ada dukungan berbagai unsur. Hutan dapat merubah ekologi sehingga mesir tidak hany terkenal piramidanya tetapi terkenal dengan hutan buatannya.





Demikian rencana besar yang sangat menjanjikan kehidupan bagi rakyat Mesir di masa yang akan datang.
Sementara itu dulu, nanti saya tulis lagi sambungannnya.....maaf yaa...., agak sibuk....






================================-------================================

Wednesday, 30 March 2016

Pahlawan Devisa Kita Pun Bisa Pelajari

Pahlawan Devisa Kita Pun Bisa Pelajari


Rekan Guru dan Pengunjung Blog Ku yang saya hormati :

 Sekarang saya ingin mengajak  rekan untuk melirik sebentar kepada saudara kita yang telah berjasa memperkuat ekonomi negara dengan digelari 'Pahlawan Devisa" . mereka berjasa karena mendatangkan devisa dari negara lain tempat mereka bekerja. Kita ucapkan termia kasih dan semoga berkah. Akan tetapi mereka mendapat perlakuan yang sering memiluka hati kita seperti pada ilustrasi disamping ini.
Akan tetapi kita tidak boleh terus terbawa arus kesedihan.
Kita bisa jadi penyumbang devisa tanpa risiko seperti TKW itu. Bagaimana caranya... begini...
Ini adalah salah satu rangkaian kita mendapatkan uang dari Luar Negeri....

 Saudara kita pelajari bagaimana transaksi keuangan yang kita jaring dari pekerjaan kita , dan kita sudah mendapatkan dollar. Bagaimana lalu lintas uang kita.
silahkan simak pelajari informasi lalu lintas uang di PayPal sebagai berkiut.


Transaction details


 Payment Received
(Unique Transaction ID # 6PV62387UU387091L)

 Sent by: ClixSense (The sender of this payment is Verified)

Payment sent from: payments@clixsense.com

Payment sent to: .....saya...@gmail.com ________________________________________

Business Contact Information Customer Service

URL: http://www.clixsense.com

Customer Service Email: info@clixsense.com ________________________________________

Amount received: $6,91 USD
 Fee amount: $0,00 USD
Net amount: $6,91 USD

Issue a refund You have up to 60 days to refund the payment. ________________________________________
Date: Mar 24, 2016 Time: 09:54:40 GMT+07:00

Status: Completed ________________________________________
 Subject: ClixSense has just sent you $6,91 USD with PayPal 

Custom Note: Thank you for participating in our program,
enjoy your reward! Payment type: Instant ________________________________________


Rekan guru sekian dulu info sari saya tentang Pahlawan Devisa, kita lanjutkan info terpotong ini dipostingan lain waktu.

Terima kasih atas kunjungan rekan...

wasslam.

Saudara yang berminat registrasi manjadi awal ...Pahlawan devisa.. registrasi di situs ini...

Klik di sini untuk registrasi (GRATIS)

Silahkan klik...sign up....isi biodata rekan dengan teliti...jika sukses...rekan menjadi member (punya akun)..lalu.sign in lagi...baru kerjakan aktivitas  mencari dollar ...pelajari terus sampai mahir... Insya Allah...bisa...
Kita Bantu Negara mendapatkan devisa.....di balik meja kerja kita setelah menyelesaikan TUPOKSI kita... 

Good luck.. Amin. 

Kunjungi artikel bermanfaat...Hemat BBM






=========================

Monday, 21 March 2016

Pelajaran Mencari Alternatif Penghematan BBM

Pelajaran  Mencari Alternatif Penghematan BBM Cara Pakistan

Rekan guru dan teman pembaca lainnya, saya dapat impo dari teman terdekat sehari hari tentang cara penghematan BBM di Pakistan, ini ceritanya :

 MENOLAK MOBIL DINAS BARU (KIJANG INNOVA).


Baik lah kita mulai ini tulisan teman dekat ku:

"Carita ini adalah pengalaman di Pakistan (Pada tahun itu juga penulis mendapat kesempatan memperoleh dana upgrade dosen dari dana Islamic development Bank (IDB) yang merupakan paket pembangunan kampus, setelah penulis dapat menyakinkan Direktur PMU (Project Management Unit) IDB, bahwa Penulis lolos seleksi administrative dari Komisi Sains Teknologi (COMSTECH) OIC (Organization of Islamic Cooperation) untuk mengikuti workshop Forsight for Innovation di Islamabad Pakistan. Penulis berangkat ke Pakistan sendirian dengan membawa visa dari kedutaan Besar Pakistan. Lebih dari seminggu penulis berada di Pakistan)

 Penulis jalan-jalan berkeliling sendirian mulai dari pasar sampai ke kampung di pinggiran Kota Islamabad. Di pasar diperoleh bukti pemuda Pakistan yang menjadi pedagang di kiosk pasar tradisional atau toko dan mengenyam pendidikan di sekolah menengah “lancar berbahasa Inggris”, supir angkot yang saya naiki senang diajak ngobrol dng B Inggris.

Adapun orang tua di kampung kampung yang tidak sampai sekolah menengah sulit dibawa komunikasi.

Ya mungkin sama keadaannya ketika penulis berkeliling di kampung pinggiran kota Solo (Jawa Tengah). Sulit berkomunikasi dengan orang tua dengan bahasa Indonesia, mereka menjawab dengan bahasa Jawa ketika ditanya dengan bahasa Indonesia. Beliau mengerti bahasa Indonesia tapi tidak mampu berbicara.

 Pada tahun 2012 transportasi di kota Islamabad (Ibu kota Republik Islam Pakistan ) itu masih sederhana. Kendaran angkutan kotanya dari jenis mobil kecil, seperti di Indonesia mobil angkot merk Honda di tahun 1970an, kondisinya jika penumpang penuh, duduk berhadapan, penumpang duduk dengan dengkul kaki bertemu rapat dengan penumpang dihadapannya. Karena mobil angkot kecil CC-nya, supir angkot yang saya tumpangi sendirian itu tidak keberatan mengantar saya sekehendak saya meski dengan tarif route/jalur itu (bukan taxi), dia tidak ngetem cari muatan-untuk nambah beli bensin. Ini keuntungan jika mobil angkot CC-nya kecil, meskipun muatan sedikit jalan terus karena perhitungan (rasio muatan/konsumsi bensin) masih menguntungkan. Tidak seperti di Negara kita, mobil angkot CC-nya besar kapasitas muatan banyak, jika muatan kurang supir  ngetem (nunggu muatan tambahan), sehingga memperlambat perjalanan penumpang dan menambah waktu tempuh, akibatnya penumpang terlambat tiba di tujuan (kantor,tempat kerja dll.) dan ...dapaknya  jam keja di kantor terkurangi (Produktivitas berkurang).

Mereka/negara Pakistan menghemat BBM dengan memakai mobil berkapasitas mesin kecil untuk angkot. Untuk pejabatnya, di kantor dengan gedung yang dibangun OIC/OKI yang megah itu, tidak ada mobil baru keluaran/buatan tahun 2000an yang dipakai pejabat-pejabatnya.

Mobil yang dipakai menjemput tamu peserta workshop dari bandara Islamabad adalah mobil produksi tahun 1980an. Mereka miskin ?!, tidak mereka hemat-bersahaja !. Sekitar 200 m di samping komplek bangunan COMSTECH tempat workshop, ada komplek Comsats (Komisi Sains & Teknologi Kerjasama Negara Selatan-Selatan)yang didirikan oleh Yayasan Dr Abdussalam (Peraih hadiah Nobel bidang fisika).

Penulis menyempatkan berkunjung ke kantor Comsats,dan diterima oleh Executive Managernya H.E. Dr. Imtenan Quraish. Banyak tamu berkunjung ke Institusi yang didirikan oleh Peraih Nobel itu, Penulis antri diatur oleh Sekretaris kantor tersebut. Lebih dari satu jam kami berdua berbincang-bincang tentang pengembangan saintek.

Pada akhir pembicaraan Direktur Executive Comsats menitip surat untuk Menristek RI berisi ajakan agar Indonesia bergabung manjadi anggota Comsats. Surat tersebut sudah penulis sampaikan ke Kementerian Ristek 2 hari setelah kembali dari Pakistan, tampaknya ada komunikasi tertulis lanjutan antara Comsats dengan Kemenristek.

Di kantor peraih nobel ini tamu tamu termasuk penulis disuguhi kue sederhana, biskuit dalam kaleng kecil yang sudah hampir habis, beliau (executive direntur) sediri yang menyiapkan suguhan tamunya tidak ada sekpri khusus. Yang menjadi kesan utama observasi kehidupan di Pakistan adalah “kesederhanaan” tetapi Pakistan berprestasi dalam Sainstek :

1. Adalah peraih nobel bidang fisika, Dr. Abdussalam;

2. Pakistan dipercaya oleh OKI (OIC) menjadi lokasi Komisi Saintek OKI;

3. adalah Negara non Barat (Islam) yang mampu membuat persenjatan “nuklir” dengan senjata balistiknya (rudal), kekayaan teknologi ini yang disegani oleh India (“saudaranya dan rival perang”).

Dengan pengalaman melihat kesederhanaan dan kemajuan sainstek Pakistan ini, pada tahun awal 2013 penulis sempat menolak dan menyarankan agar kendaraan dinas pimpinan PT (tempat penulis berkhidmat) tidak perlu diganti dengan Kijang Innova, cukup Avanza yang dipakai masih laik pakai, lebih baik dana dipakai membeli alat laboratorium yang masih kurang di fakultas Penulis.

Akan tetapi, pendapat penulis diprotes oleh rekan rekan dan didesak untuk menerima mobil yang baru dan yang lebih besar CC-nya dan lebih mahal dari Avanza itu“ dengan hujjah : Anggarannya sudah ada,jika tidak dipakai akan hangus dan tidak bisa dialihkan ke alat laboratorium, dan diminta agar penulis memelihara “Kebersamaan”. dan ada terdengar sayup sayup dengan mobil yang lebih keren ini penghormatan orang kpd pejabat yang memakainya akan lebih tinggi (alasan yang kurang Islami)

Dengan demikian Penulis tidak mendapat dukungan dan Rektor sendiri pun ingin “menambah kewibawaan para dekan dan pembantunya dengan kelas kendaraan yang lebih bergengsi”. Penulis hanya bisa berdikir “subhanallah ....” pola pikir pejabat di republic ini beda dengan pejabat di Pakistan.

Oleh karena itu Pada saat mobil Kijang Innova baru diserahkan ke dekan/warek/karo, Penulis meminta kepada Kabag TU Fakultas  agar mobil baru itu disimpan di kampus, dan dipersilahkan staf/ pejabat fakultas lainnya untuk memakainya.

Penulis tidak mau memakai kendaraan dinas baru itu. Akan tetapi karena di kampus tidak ada garasi dan tidak ada jaminan keamanannya, maka mobil tersebut digarasikan di rumah penulis, tidak dipakai, sedangkan Penulis segera mencari fasilitas dealer mobil untuk memiliki kendaraan sendiri. Penulis memakai kendaraan pribadi ke kampus.

Mobil dinas Kijang Innova bertengger digarasi/diistirahatkan hanya 2 hari sekali dihidupkan mesinnya dan di mundur-masukan 8-5 m dari garasi untuk menjaga kestabilan konstruksinya.

 Selama 16 bulan mobil istirahat, hanya sesekali dipakai jika ada ketua jurusan atau pejabat fakultas lain meminta untuk menggunakan kendaraan itu.

 Sungguh, mubazir isi Kijang Innova yang besar kapasitasnya itu hanya sorang pejabat atau jika ada supir, jadi berdua….memakai Kijang Innova yang CC/konsumsi BBM lebih besar, jok samping kiri, tengah dan belakang kosong. Bukankah itu suatu kemubaziran…”wala tubadzdzir, inna mubadzdzirina kanu ikhwanasysyayathin” .

Mungkin pejabat-pejabat di pemerintah di Pakistan melihat /melaksanakan ayat ini, Islami. sesuai dengan sebutan Republik Islam Pakistan, padahal PT ini pun ada nama sebutan Islamnya. Sayang sekali tidak seperti di Pakistan. Fungsionaris di  PT ini terbawa arus glamor pejabat pejabat di kantor umumnya Kementerian/Instansi Pemerintahan lainnya. Semoga ini menjadi tadzkirah dan di masa mendatang PT ini menjadi pioner penegakan Syariat dan nilai-nilai luhur yang ada dalam Islam. Amin."

Demikian tulisan teman saya dalam alternatif hemat BBM. 

Rekan guru dan pembaca yang budiman,  kita memberi penghargaan kepada teman kita yang berjihad mencari nafkah di luar negari menjadi TKI/TKW dan mereka sangat berjasa kepada negara karena gaji/penghasilan yang mereka terima sebagian besar dikirim ke keluarganya di Indonesia.

Mereka menghasilkan Devisa, mensejahterakan keluarganya sekaligus memperkuat cadangan devisa negara. Mereka digelari "PAHLAWAN DEVISA" .

...

Semoga berhasil...




=================================================



+++++

Sunday, 20 March 2016

Perbedaan sholat mazhab syafi’i dan mazhab maliki

Perbedaan sholat mazhab syafi’i dan mazhab maliki


Sholat yaitu terbagi atas dua jenis, yang wajib dan yang sunnat, sembahyang yang paling penting daripada yang lainnya ialah sembahyang 5 waktu sehari semalam.

Seluruh ulama islam sepakat, bahwa orang yang menentang wajibnya atau ragu-ragu terhadap kewajiban itu, bukanlah orang islam, meskipun ia sudah mengucapkan dua kalimat syahadat. Menurut mazhab syafi’i dan mazhab maliki pun barang siapa yang meninggalkan sholat yaitu dibunuh.

Hukum sholat Sholat diwajibkan berdasarkan Al-Qur’an, sunnah, dan ijma’ ummat bagi setiap muslim balig dan berakal, kecuali bagi wanita haid dan nifas. Dalil berdasarkan Al-Qur’an adalah firman alloh ta’ala. “ padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.( QS. Al-Bayyinah: 5 ) “sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”( QS. An-Nisa: 103) “dan ajarkan lah mereka bahwa sesungguhnya alloh telah mewajibkan mereka untuk shalat lima waktu dalam sehari semalam.”

 Perbedaan dalam membaca surat Al-Fattihan dalam sholat 1. Imam syafi’i Mazhab As-syafi’iyah mewajibkan makmum dalam sholat jama’ah untuk membaca surat Al-fatihah sendiri meskipun dalam sholat jahriyah (yang dikeraskan bacaan imamnya). Tidak cukup hanya mendengaran bacaan imam saja. Hal ini didasarkan pada. Artinya: “Tidak ada yang namanya sholat tampa adanya bacaan surat al-kita (Al-fatihah)”. (HR.Bukhari, Azam/714; Tirmizi, 247).


 Kemudian juga didasarkan pada hadits dia berkata: Rasulullah saw bersabda: dari Abu hurairah. Artinya: “Barang siap yang tidak membaca Al-fatihah maka sholatnya kurang, tidak sempurna. (HR. Muslim no. 359). Karena itu mereka menyebutkan bahwa ketika imam membaca surat Al-fatihah, makmum baru mendengarkannya, namun begitu selesai mengucapkan, masing-masing makmum membaca sendiri-sendiri surat Al-fatihah secara sirr (tidak terdengar). Hal ini didasarkan dengan surat Al-araaf: 204). Artinya; “dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (Q.S Al-araf: 204).


Namun dalam pandangan mazhab ini, kewajiban membaca surat Al-fatihah gugur dalam kasus seseorang makmum yang tertinggal dan mendapati imam sedang ruku’. Maka saat itu yang bersangkutan ikut ruku’ bersama imam dan sudah terhitung mendapat satu rakaat.

 Membaca Al-fatihah adalah wajib pada setiap rakaat tidak ada bedanya, baik pada dua rakaat pertama maupun pada dua rakaat terakhir, baik pada sholat fardhu maupun sholat sunnah.

2. Imam maliki Imam Malik berpendapat, bahwa makmum wajib membaca fatihah pada sholat sir dan tidak wajib pada shalat jahar. Artinya dan apabila dibacakan al quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (q.s al-araf: 204).

Perbedaan sholat mazhab syafi’i dan mazhab maliki juga yaitu ketika pada sholat subuh, imam syafi’i ketika raka’at kedua dalam subuh setelah ruku yaitu membaca bacaan qunut, sedangkan imam maliki tidak menggunakan nya.

Pada perbedaan lainnya yaitu batal dan tidaknya dalam besentuhan dengan lawan jenis, imam syafi’i ketika lawan jenis saling bersentuhan maka wudhunya batal dan solat tidak dapat dilanjutkan dan harus wudhu kembali, sedangkan imam maliki jika lawan jenis bersentuhan itu tidak membatalkan wudhunya dan solatpun tetapberjalan.

Saturday, 19 March 2016

Pendidikan Thoharoh Membersihkan Diri


Pendidikan Thoharoh Membersihkan Diri 


Thaharah menurut bahasa berarti bersih dari kotoran baik yang tampak seperti kencing maupun yang tidak.

Sedangkan menurut istilah syara’ berarti menghilangkan najis atau hadas.

Dengan demikian thaharah meliputi dua hal, yaitu berikut ini :

 a. Bersuci dari hadas, baik dari hadas besar maupun kecil.

b. Bersuci dari najis, baik pada badan, pikiran atau tempat.

Syarat – Syarat Wajib Thaharah Syarat-syarat wajib thaharah bagi orang yang hendak melakukan shalat ada 10, yaitu :

-Islam

-Berakal

-Baligh (dewasa)

-Berhentinya darah haid dan nifas

-Telah masuk waktu salat

-Tidak tidur

-Tidak lupa

-Tidak terpaksa

-Adanya air atau debu

 -Dapat melakukan sesuai dengan kemampuan

Alat

– Alat yang digunakan untuk thaharah

•Air

•Debu (tanah) yang suci

•Batu untuk istinja



==============================