Sunday, 3 May 2015

Program Semester Bahasa Indonesia Kelas IX Semester VI

Program Semester Bahasa Indonesia Kelas IX Semester VI


PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN   :  BAHASA INDONESIA
                                                                                                                        KELAS/SEMESTER    : IX / 6
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
















2.
Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar.














Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah



Menentukan tema dialog interaktif dengan percaya diri dan berpikir  cermat

Menyimpulkan  isi dialog interaktif dengan alasan yang logis dengan bahasa yang santun

Mendata pendapat tiap-tiap narasumber secara teliti dan mandiri

Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan dengan bahasa yang santun


2 x 40’
















2 x 40’
2
















2











CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
                                                                                                                       TAHUN PELAJARAN  : 2014 - 2015
























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
3
















4.
Berpidato/berceramah/
berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.











Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/
ceramah/khotbah dengan tekun, jujur, dan penuh rasa tanggung jawab.

Mampu berpidato/
berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas dengan berani

Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi dengan jujur dan penuh  percaya diri

Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab
4 x 40’
















2 x 40’

4

















2










CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU































No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4








5.
























Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif











Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas dengan berani dan penuh rasa hormat.

Menemukan gagasan dari artikel dengan teliti dan penuh perhatian.

Menemukan gagasan dari buku dengan cermat

Mengutip pernyataan dari arikel atau buku sebagai referensi  dalam penulisan karya tulis dengan tekun ,  jujur, dan dapat dipercaya.










4 x 40’



























2








2









CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU




























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
6.


 








7.
Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif






Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit

Mengidentifikasi isi grafik, tabel, atau bagan dengan cermat

Memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat  dengan teliti dan cermat.

Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman dengan teliti dan penuh percaya diri.

Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% dengan tepat dan penuh percaya diri.

2 X 40’











2 X 40’













2












2







CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU





























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
8.













Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber












Mampu  menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan tepat dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

Mampu  menentukan sistematika karya tulis dengan benar

Mampu  menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka  sebagai rujukan dengan teliti

Mampu  menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber dengan tekun, jujur, dan penuh rasa tanggung jawab.

4 x 40’

















2
2






CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU





























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4






9.















Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.








Mampu  menyunting karya tulis dengan kreatif dan dapat dipercaya

Mampu menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah dengan tepat

Mampu menyusun kerangka pidato/ ceramah/ khotbah dengan kreatif dan bahasa yang santun.

Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik dengan kreatif dan dapat dipercaya
.






2 x 40’











2






CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU






























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
10.


















11.





Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah














Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan

Mampu menentukan hal-hal pokok   dalam surat pembaca dengan tekun
Mampu menentukan permasalahan/usulan/saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca dengan jujur.
Mampu menulis surat pembaca dengan rasa hormat dan penuh perhatian.
.Mampu  menyunting surat pembaca dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab

Mampu menentukan tokoh-tokoh dengan rasa hormat dan  dapat dipercaya.
2 x 40’



















2 X 40’







2











2

























CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU




























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4







12.











13.









Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan







Membahas pementasan drama yang  naskahnya ditulis oleh siswa




Mampu menentukan sifat tokoh dengan alasan yang logis dan dapat dipercaya
dan teliti

Mampu menentukan tahap-tahap alur  dengan tekun dan penuh perhatian

Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang didengar berdasarkan alurnya dengan cermat

Mampu  menentukan unsur-unsur drama dengan tekun dan penuh percaya diri








2 x 40’












2 x 40’














2







2



























CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU





























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
14.




















Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa


















Mampu  membahas pementasan drama melalui kegiatan diskusi dengan jujur dan saling menghormati.

Mampu  menentukan unsur-unsur yang akan dinilai dengan kreatif dan cermat

Mampu  menilai pementasan drama teman (karya siswa)  melalui kegiatan diskusi dengan jujur dan saling menghormati



2 x 40’



























2



CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU






























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
15.



















Mengiidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20-30 an.












Mampu  mendata kebiahasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel dengan teliti dan penuh perhatian.

Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan kreatif dan penuh rasa hormat .

Mampu mengadentifikasi karakteristik (kebiasaan, adat,  etika, dll)  novel 20-30 an dengan tekun dan penuh percaya diri.
4 x 40’






















2
2


CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU




























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
16.








17.
Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an






Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an dengan novel masa kini dengan kritis dan penuh percaya diri..

Mampu mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen dengan tekun,jujur, dan penuh perhatian.

Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca dengan kreatif, jujur, dan penuh rasa hormat.
hormat, dan dapat dipercaya


4 x 40’








2 x 40’









2
2








2

CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU





























No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
18.
Menulis naskah drama berasarkan peristiwa nyata

Mampu  memilih  peristiwa nyata yang akan didramakan dengan tekun dan penuh rasa tanggung jawab

Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak dengan kreatif, penuh rasa hormat, dan dapat dipercaya

Mampu mengembangkan urutan adegan  menjadi naskah drama satu babak dengan tekun, perhatian, dan penuh rasa tanggung jawab
4 x 40’











4
CADANGAN
CADANGAN
UJIAN PRAKTIK
UJIAN SEKOLAH
UJIAN NASIONAL
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU
MASA TUNGGU




























                                Mengetahui                                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran,
Kepala SMPN 2 Tanjungsari,



                                Drs. Nedi Herdiana                                                                                                                                                                                                              Hj. Lilis Sudarmanah, S. Pd
                                NIP. 19651210 199003 1 009                                                                                

No comments:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda