Kreativitas Baru dalam Pendidikan
Rekan Guru dan pembaca lainnya sebelum mulai bahasan pokok saya tawarkan link untuk mendulang dollar, Registrasi GRATIS dan Cari dollarnyapun relatif mudah. silahkan pelajari dan klik disini..
Teman reman pendidik, saya sampaikan hal ini, mohon feedbacknya pada kolom komentar di bawah. terima kasih.
Kreativitas dalam pendidikan akan menciptakan penemuan baru atau inovasi. Terminologi atau istilah Innovation dalam
Bahasa Inggris sering diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai
pengertian inovasi pendidikan perlu diketahui juga tentang pengertian discovery dan invention yang dalam bahasa
Indonesia kata tersebut mengandung arti ditemukannya sesuatu hal yang baru,
baik hal tersebut pada konsepnya sudah ada pada waktu lampau namun baru
ditemukan kembali atau bahkan memang hal-hal yang baru ditemukan.
Disebutkan bahwa kreativitas baru atau inovasi ialah suatu
ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal
yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) baik itu berupa
hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi dilakukan untuk mencapai tujuan
tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
Discovery
ialah penemuan sesuatu yang
sebenarnya sudah ada, tetapi belum diketahui orang keberadaannya. Misalnya
penemuan benua Amerika. Pada dasarnya benua Amerika sudah lama ada, namun baru
ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492, maka dikatakan bahwa Columbus
merupakan penemu benua Amerika.
Invensi (invention)
merupakan kebalikan dari diskoveri yakni sebuah penemuan yang benar-benar baru,
artinya hasil kreasi manusia itu sendiri. Misalnya penemuan teori-teori belajar
yang didapat dari hasil kreasi manusia yang didasarkan dari pengalaman,
pengamatan, serta penelitian lanjutan.
Menurut pengertian tersebut bahwa sebuah inovasi
itu harus suatu hal yang dapat memberikan solusi atas permasalahan yang
terjadi. Inovasi pendidikan yang disampaikan merupakan suatu
perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya),
serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan
tertentu dalam pendidikan.
Dari definisi tersebut terdapat kata kunci yang
dititik beratkan, yaitu “baru” merupakan apa saja yang belum dipahami, diterima
atau dilaksanakan, meskipun begitu kata baru merupakan relatif karena baru bagi
sebagian orang belum tentu bagi sebagian yang lain. “Kualitatif” yang berarti
memungkinkan adanya restrukturisasi atau pengaturan kembali unsur-unsur dalam
dunian pendidikan. “kesengajaan” berarti bahwa yang dilakukan merupakan sebuah
hal yang disengaja, bukan diperoleh secara tiba-tiba. “meningkatkan”
dimaksudkan bahwa inovasi pendidikan dapat memberi peningkatan kualitas
pendidikan. Serta “tujuan” yang merupakan hasil akhir yang diharapkan dari
sebuah pengembangan atau inovasi pendidikan. Pendidikan adalah suatu sitem,
maka inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen
sistem pendidikan, baik sistem dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau
lembaga pendidikan yang lain, maupun sistem dalam arti yang luas misalnya
Sistem Pendidikan Nasional.
Berdasarkan uraian
tersebut, dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan inovasi di bidang
pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal
yang lebih baik dalam bidang pendidikan.Diantara kreativitas dan penemuan baru adalah dalam penyusunan soal.
Demikianlah penemuan dan kreativitas baru dalam Pendidikan akan meningkatkan keberhasilan dalam mendidik.
>>>>