Program Semester Bahasa Indonesia Kelas IX Semester VI
PROGRAM
SEMESTER
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX / 6
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
|
Menyimpulkan pesan
pidato/ceramah/ khotbah yang didengar.
Memberi komentar tentang isi
pidato/ceramah/khotbah
|
Menentukan
tema dialog interaktif dengan percaya
diri dan berpikir cermat
Menyimpulkan isi
dialog interaktif dengan alasan yang logis dengan bahasa yang santun
Mendata
pendapat tiap-tiap narasumber secara
teliti dan mandiri
Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang
menyakinkan dengan bahasa yang santun
|
2
x 40’
2
x 40’
|
2
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
TAHUN PELAJARAN : 2014 - 2015
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
4.
|
Berpidato/berceramah/
berkhotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
|
Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/
ceramah/khotbah dengan
tekun, jujur, dan penuh rasa tanggung jawab.
Mampu berpidato/
berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas dengan
berani
Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi dengan jujur dan penuh percaya diri
Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab
|
4
x 40’
2
x 40’
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5.
|
Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
|
Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas dengan berani dan penuh rasa hormat.
Menemukan gagasan dari artikel dengan teliti dan penuh perhatian.
Menemukan
gagasan dari buku dengan cermat
Mengutip
pernyataan dari arikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis dengan tekun , jujur, dan dapat dipercaya.
|
4
x 40’
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6.
7.
|
Mengubah sajian grafik,
tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca
cepat ± 300 kata per menit
|
Mengidentifikasi isi grafik,
tabel, atau bagan dengan cermat
Memaparkan isi grafik, tabel,
atau bagan ke dalam beberapa kalimat dengan teliti dan cermat.
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan
teman dengan teliti dan penuh percaya
diri.
Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% dengan tepat dan penuh percaya diri.
|
2
X 40’
2
X 40’
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8.
|
Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
|
Mampu
menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan tepat dan penuh dengan rasa tanggung jawab.
Mampu menentukan
sistematika karya tulis dengan benar
Mampu menuliskan
catatan pustaka dan daftar pustaka
sebagai rujukan dengan teliti
Mampu menulis
karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber dengan tekun, jujur, dan penuh rasa tanggung jawab.
|
4
x 40’
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9.
|
Menulis teks pidato/ceramah/
khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.
|
Mampu menyunting
karya tulis dengan kreatif dan dapat
dipercaya
Mampu menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah dengan tepat
Mampu menyusun kerangka pidato/ ceramah/ khotbah dengan kreatif dan bahasa yang santun.
Mampu mengembangkan kerangka
menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang
baik dengan kreatif dan dapat dipercaya
.
|
2
x 40’
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
10.
11.
|
Menulis surat
pembaca tentang lingkungan sekolah
Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang
dibacakan
|
Mampu menentukan hal-hal pokok dalam surat pembaca dengan tekun
Mampu menentukan permasalahan/usulan/saran yang akan
disampaikan dalam surat pembaca dengan
jujur.
Mampu menulis surat pembaca dengan rasa hormat dan penuh perhatian.
.Mampu menyunting surat pembaca dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab
Mampu menentukan tokoh-tokoh dengan rasa hormat dan dapat
dipercaya.
|
2
x 40’
2
X 40’
|
|
|
|
|
|
|
2
2
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12.
13.
|
Menjelaskan alur peristiwa
dari suatu sinopsis novel yang dibacakan
Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa
|
Mampu menentukan sifat tokoh
dengan alasan yang logis dan dapat
dipercaya
dan teliti
Mampu menentukan tahap-tahap alur dengan
tekun dan penuh perhatian
Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang
didengar berdasarkan alurnya dengan
cermat
Mampu menentukan
unsur-unsur drama dengan tekun dan
penuh percaya diri
|
2
x 40’
2
x 40’
|
|
|
|
|
|
|
|
2
2
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
14.
|
Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa
|
Mampu membahas pementasan drama melalui kegiatan diskusi dengan jujur dan saling menghormati.
Mampu menentukan
unsur-unsur yang akan dinilai dengan
kreatif dan cermat
Mampu menilai
pementasan drama teman (karya siswa)
melalui kegiatan diskusi dengan
jujur dan saling menghormati
|
2
x 40’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
15.
|
Mengiidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam novel angkatan 20-30 an.
|
Mampu mendata
kebiahasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel dengan teliti dan penuh perhatian.
Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan kreatif dan penuh rasa hormat .
Mampu mengadentifikasi karakteristik (kebiasaan,
adat, etika, dll) novel 20-30 an dengan tekun dan penuh percaya diri.
|
4
x 40’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
16.
17.
|
Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
Menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
|
Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30
an dengan novel masa kini dengan kritis
dan penuh percaya diri..
Mampu mengidentifikasi
pokok-pokok cerita dalam cerpen dengan
tekun,jujur, dan penuh perhatian.
Mampu menulis naskah drama
berdasarkan cerpen yang dibaca dengan
kreatif, jujur, dan penuh rasa hormat.
hormat, dan dapat dipercaya
|
4
x 40’
2
x 40’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
2
|
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Bulan
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
18.
|
Menulis naskah drama berasarkan peristiwa nyata
|
Mampu memilih peristiwa nyata yang akan didramakan dengan tekun dan penuh rasa tanggung jawab
Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak dengan kreatif, penuh rasa hormat, dan
dapat dipercaya
Mampu mengembangkan urutan
adegan menjadi naskah drama satu babak
dengan tekun, perhatian, dan penuh rasa
tanggung jawab
|
4
x 40’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
CADANGAN
|
CADANGAN
|
UJIAN PRAKTIK
|
UJIAN SEKOLAH
|
UJIAN NASIONAL
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
MASA TUNGGU
|
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran,
Kepala
SMPN 2 Tanjungsari,
Drs.
Nedi Herdiana Hj. Lilis
Sudarmanah, S. Pd
NIP. 19651210
199003 1 009